RSS

PROPOSAL SANTUNAN YATIM PIATU DAN DHUAFA YAYASAN NURUSSHOLAH

29 Jan

PENDAHULUAN

Kesadaran kita untuk saling berbagi, tidak saja merupakan sikap mulia yang diajarkan agama. Lebih jauh dari itu, pikiran dan naluri manusia sebagai makhluk sosial selalu menuntut kita untuk bersikap peduli terhadap segala penderitaan, kekurangan dan keterbatasan yang dirasakan sesama. Ada sisi lain dari bathin kita yang ikut menderita atau merasa bersalah ketika kita memiliki dan merasakan kemudahan hidup dengan berbagai fasilitasnya, sementara di saat yang sama kita tahu, ada di sekitar kita yang bahkan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok pun terasa sulit.
Setitik cahaya menjadi harapan kita bersama, ketika naluri kesadaran kita tergerak untuk melakukan amal nyata, dengan berbagi terhadap sesama maka kitapun dapat saksikan tidak saja para tokoh dan pemuka agama, para cendikiawan, profesional, mahasiswa, pejabat pemerintah bahkan para pengusahapun saat ini telah semakin menyadari hak orang lain dan ia merasa harus memberikannya kepada yang berhak menerimanya.

Dan kami Pengurus Yayasan Nurusholah Bidang Sosial bersama para  donator terketuk hati untuk berpartisipasi untuk secara bersama-sama membantu anak anak Yatim dan duafa saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini menjadi amal kebajikan dan merupakan ibadah yang akan memiliki nilai yang sangat mulia dihadapan Allah SWT….Amiin Ya Rabbal Allamin.
LANDASAN PEMIKIRAN

Dalam Al-Quran surat Al-Ma’un ayat 1-7 Allah swt berfirman: “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”.

1. Hadits Pertama

مَنْ ضَمَّ يَتِيْمًا بَيْنَ أَبَوَيْنِ مُسْلِمَيْنِ فِيْ طَعَامِهِ وَ شَرَابِهِ حَتَّى يَسْتَغْنِيَ عَنْهُ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].

2. Hadits Kedua

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabipun bertanya : sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” [HR Thobroni, Targhib, Al Albaniy : 254]

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Maksud: Menjadikan Kegiatan santunan Anak Yatim dan Fakir miskin ini  sebagai titik tolak langkah kedepan untuk menumbuh kembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.

2. Tujuan: Sebagai wujud keperdulian terhadap sesama khususnya anak-anak yatim piatu serta kaum duafa yang membutuhkan kasih sayang melalui bersilaturahim.

DANA YANG DIBUTUHKAN

NO U   R   A   I   A   N ANGGARAN BIAYA KET
1 Kesekretariatan: Pembuatan proposal, penjilitan, ATK Rp      250.000,- -
2 Santunan Anak Yatim Piatu dan Dhuafa berjumlah 116 peserta masing masing @ Rp. 70.000,- Rp.   8.120.000 -
3 Dokumentasi Rp.    250.000,- -
4 Kebersihan Rp.    150.000,- -
5 Operasional kegiatan Rp.    400.000,-
6 J U M L A H Rp. 9.170.000,- -

TEMA“Santunan kepada Yatim Piatu dan Dhuafa”

WAKTU PELAKSANAAN

Acara Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari                 : Selasa – (Maulid Nabi Muhammad SAW)
Tanggal           : 15 Pebruari 2011 M
Waktu             : 15.30 WIB ba’da ashar s/d selesai
Tempat            : Masjid Nurussholah

PENGURUS

Kordinator Bidang Sosial Yayasan Nurussholah

DOKUMEN KEGIATAN SANTUNAN SEBELUMNYA


PENUTUP
Besar harapan kami momentum ini bisa menjadi titik tolak untuk keberperanan kami pengurus Yayasan Nurussholah bersama para donator dan seluruh komponen masyarakat menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan syiar dan dakwah Islam.

Dan kami menyadari sepenuhnya, bahwa tujuan tersebut tentunya tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak. Dan pada akhirnya tujuan tersebut adalah tanggung jawab kita bersama sebagai umat yang terbaik dan rahmat bagi sekalian alam, dan sebagai wujud partisipasi dan kepedulian anda untuk tegaknya syiar islam. Semoga Allah meridhoi langkah kita, Amin.

Jakarta 15 Januari 2011

Hormat Kami

PENGURUS YAYASAN NURUSSHOLAH

Kordinataor Bid.Sosial

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Januari 2011 in social activities

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: